Murdianto, Edi (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dipadu TGT (Teams Games Tournaments) terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa kelas VIII MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Edi Murdianto 1501040446.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Dipadu TGT (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Kelas VIII MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram. Penelitian ini dirancang untuk menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang menggunakan kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ada 2 kelas yang terdiri dari 30 siswa, dimana siswa kelas VIIIA yang berjumlah 15 siswa menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Dipadu TGT (Team Games Tournament) dan kelas VIIIB yang berjumlah 15 siswa menjadi kelas kontrol tanpa diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya perbedaan pada hasil belajar dan kerjasama terhadap keduan kelas dengan perlakuan yang berbeda. Pada hasil belajar memiliki perbedaan hasil antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Dipadu TGT (Team Games Tournament) dengan nilai rata-rata pretest yaitu 57,13 dan nilai rata-rata posttest yaitu 74,9 dengan jumlah peningkatan yaitu 17,77. Sedangkan pada kelas control yang diberi perlakuan model konvensional yaitu pada kelas pretest dengan nilai rata-rata 39,4 dan nilai rata-rata posttest yaitu 63,2 dengan jumlah peningkatan 23,8. Pada kerjasama siswa memiliki perbedaan hasil antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Dipadu TGT (Team Games Tournament) dengan nilai skor pada kelas eksperimen yaitu 73,69 dengan katagori tinggi, dan pada kelas kontrol tanpa diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif dengan nilai skor 59,81 dengan katagori cukup. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Dipadu TGT (Team Games Tournament) berpengaruh terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; team games tournament;achivement devision
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:51
Last Modified: 21 Oct 2021 01:51
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item