Sabarudin, Sabarudin (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran Fiqih MI Ulil Absor Panti Desa Jago tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, IAIN MATARAM.

[img] Text
Lalu Sabaruddin Ama 231709020071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari etrogen beranggotakan 4-6 orang siswa. Permasalahan yang ada di kelas IV MI Ulil Absor Panti can kurangnya aktivitas siswa. Jasa pada siklus 1 yaitu 6,5 dengan persentase ketuntasan Sa no, » Tata-rata siklus IT meningkat menjadi 7,5 dengan persentase ketuntasan 88,23”6. Motivasi siswa juga meningkat dari siklus 1 sampai siklus III. Pada siklus I didapatkan rata-rata 14,9996 (cuk Aktif, rata-ata Siklus II meningkat menjadi 20,8496 (aktif), Panu rata-rata pada siklus III nilai Siswa semakin meningkat menjadi 8,5 dengan ketuntasan 100 Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode kooperatif lipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran kelas TV di MI Ulil Absor Panti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; kooperatif tipe jigsaw; aktivitas belajar; fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:25
Last Modified: 13 Mar 2025 03:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item View Item