Timadhar, Timadhar (2011) Upaya pemanfaatan media lingkungan sekolah dalam meningkatkan kemampuan baca siswa kelas 1 MI NW Dasan Agung Kota Mataram tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, IAIN MATARAM.
![]() |
Text
Timadhar 15109100042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini membahas tentang bagaimana upaya pemanfaatan media lingkungan sekolah dalam meningkatkan kemampuan baca siswa kelas 1 MI NW Dasan Agung Kota Mataram TP. 2010/2011. Bentuk-bentuk media lingkungan sekolah yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan baca siswa kelas 1 MI NW Dasan Agung Kota Mataram. Kendala yang di temukan guru dalam memanfaatkan media lingkungan sekolah dalam meningkatkan kemampuan baca siswa kelas 1 MI NW Dasan Agung. Upaya — pemanfaatan media lingkungan — sekolah dalan meningkatkan kemampuan baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas It di MI NW Dasan Agung dapat diterapkan oleh semua guru dalam proses pembelajaran mulat dari menyiapkan materi yang akan diajarkan, menyiapkan benda-benda yang ada di lingkungan sekolah, mengarahkan anak untuk bisa membaca sesuai dengan materi yang akan dibahas, menyiapkan LKS untuk memudahkan siswa memahami materi pada proses penyampaian materi, tersedianya fasilitas belajar seperti lingkungan sekolah yang memadai. Pengalaman guru dengan pemanfaatan media lingkungan sekolah lebih dapat meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran pada saat proses pembelajaran. Kendala dalam upaya pemanfaatan media lingkungan sekolah dalam meningkatkan kemampuan baca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran yang ditemukan terutama pada siswa yang di antaranya sebagai berikut: banyak siswa yang kurang bisa membaca kosa kata, siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan tentang benda-benda yan terdapat di lingkungan sekolah, adanya siswa yang tidak mengerjakan tugas menyangkut materi yang disampaikan dengan media lingkungan sekolah. Solusi dalam mengatasi kendala pada upaya pemanfaatan media lingkungan sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala pemanfaatan media lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut: guru lebih intensif lagi untuk mengarahkan siswa supaya semua siswa bisa membaca nama-nama benda yang terdapat di lingkungan sekolah, guru lebih tegas lagi kepada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan di depan kelas dengan menyuruh untuk duduk di depan dan menegurnya, memberikan sanksi kepada siswa yang tidak mengumpulkan tugas dengan cara pengurangan nilai tugas pada akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media lingkungan sekolah; sekolah; kemampuan baca; siswa; guru; kemampuan baca siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ika Merdeka Wati |
Date Deposited: | 23 Mar 2025 06:56 |
Last Modified: | 23 Mar 2025 06:56 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |