Kurainun, Wahyu (2019) Penerapan metode pembelajaran two stay two stray untuk meingkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV MIN 1 Lombok Barat Kec.Lingsar kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Wahyu Kurainun 1501060991.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (801kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray kelas IV mata pelajaran SKI MIN 1 Lombok Barat tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus .subjek penelitian ini yaitu guru yang menerapkan metode two stay two stray, siswa kelas IV MIN 1 Lombok Barat yang terdiri dari 23 orang siswa. dan peningkatan Aktivitas belajar siswa melalui metode two stay two stray. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan instrument tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivias belajar siswa dalam pembelajaran SKI, dengan penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran SKI MIN 1 Lombok Barat. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, pada tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa kelas IV MIN 1 Lombok Barat mencapai 60%. Dari 23 siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dengan ketuntasan klasikal mencapai 70%, begitupun dengan hasil yang diperoleh dari obsevasi aktivitas guru sebanyak 69% sedangkan aktivitas siswa mencapai hasil 50% dengan kaegori baik. Kemudian pada siklus II hasilnya meningkat dengan nilai rata-rata rata mencapai 72%. Dari 23 siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dengan ketuntasan klasikal mencapai 90%, begitupun dengan hasil yang diperoleh dari obsevasi aktivitas guru sebanyak 93% sedangkan aktivitas siswa mencapai hasil 80% dengan kaegori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; metode two stay two stray; aktivitas belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:23
Last Modified: 27 Jul 2021 04:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item