Jannah, Miftahul (2019) Penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran matematika di kelas I MI Thoriqul Hidayah Leong Tanjung Lombok Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Miftahul Jannah 1501060806.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran matematika di kelas 1 MI Thoriqul Hidayah Leong (2) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika kelas 1 MI Thoriqul Hidayah Leong (3) Solusi guru untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul dalam penggunaan bahasa daerah pada pembelajaran matematika di kelas 1 MI T horiqul Hidayah Leong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 1 dan siswa kelas 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pemangatan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan bahasa daerah dalam pembelajaran matematika di kelas 1 MI Thoriqul Hidayah Leong digunakan dalam kegiatan awal pembelajaran, bahasa daerah digunakan dalam menjelaskan materi pelajaran, serta bahasa daerah digunakan dalam memberikan bimbingan khusus kepada siswa. (2) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan bahasa daerah yaitu adanya materi tertentu yang sulit dijelaskan dalam bahasa daerah, kendala ketersediaan media pembelajaran/alat peraga yang terbatas sehingga memanfatkan media yang ada. (3) Solusi guru untuk mengatasi Kendala-kendala yang muncul dalam penggunaan bahasa daerah adalah guru mempersiapkan diri sebelum mengajar, madrasah perlu melengkapi fasilitas sarana dan prasarana di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahasa daerah; belajar matematika; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130104 Sasak, Samawa, Mbojo Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Sasak, Samawa, and Mbojo Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 22 Jul 2021 05:14
Last Modified: 22 Jul 2021 05:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item