Rahmawati, Ria (2019) Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Nurul Islam dalam membina perilaku keagamaan lanjut usia (lansia) Sekarbela Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ria Rahmawati 150101010094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Skripsi ini adalah study tentang “Peran Majelis Ta’lim Muslimat NU Nurul Islam dalam Membina Perilaku Keagamaan Lanjut Usia (LANSIA) Sekarbela Kota Mataram”. Rumusan masalah utama yang dibahas adalah a). Peran majelis ta’lim Muslimat NU Nurul Islam dalam membina perilaku keagamaan lanjut usia, b).Metode apakah yang digunakan dalam pengajian majelis ta’lim, dan c). Faktor pendukung dan penghambat dalam membina perilaku keagamaan lansia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan bentuk penelitian deskriptif yaitu peneliti berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadiaan yang terjadi saat sekarang. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara, obersvasi dan dokumentasi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah majelis ta’lim Muslimat NU Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram . Hasil temuan dari penelitian ini adalah Pertama, peran majelis ta’lim Muslimat NU Nurul Islam yakni sebagai Lembaga Pendidikan islam, sebagai sarana pemberian bantuan, sebagai sarana memperkuat ukhuwah dan sebagai pembinaan kesehatan metal. Kedua, metode yang digunakan di majelis ta’lim tersebut adalah metode ceramah. Keagamaan lanjut usia dapat terlihat dari antusias mengikuti pengajian rutin, sehingga dapat mengamalkannya dengan baik, seperti beribadah, berzikir, sholat, puasa dan mengikuti kegiatan-kegiatan positif lainnya. Ketiga, faktor pendukung dalam penelitian ini adalah adanya dukungan keluarga, ajakan teman sebaya, jiwa kebersamaan jamaah dan muballigh yang berpengalaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jarak tempuh, kesehatan melemah dan pemateri yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; model belajar; metode kontekstual
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Jul 2021 02:17
Last Modified: 14 Jul 2021 02:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item