Hasbialloh, Hasbialloh (2021) Eksistensi lembaga pendidikan Salafi di NTB: kajian resistensi dan konflik keyakinan serta motivasi masyarakat memilih lembaga pendidikan Salafi. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text (Disertasi)
HASBIALLOH 160401013 S3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Surat Keterangan)
Menguji 3 Disertasi_Syarat Tambahan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Adanya beberapa konflik yang beruntun antara Salafi dengan masyarakat, ternyata tidak mereduksi keberadaan Salafi secara kolektif di pulau Lombok. Dalam perkembangannya justru Salafi mendapat tempat dalam kehidupan masyarakat melalui lembaga-lembaga pendidikan yang didirikannya. Berpijak dari fenomena tersebut peneliti ingin mengungkapkan dan menemukan: (1) deskripsi lembagalembaga pendidikan Salafi di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, (2) deskripsi konflik keyakinan, resistensi dan eksistensi Lembaga Pendidikan Salafi (3) motifmotif orang tua memilih lembaga pendidikan Salafi di tengah konflik keyakinan dan restitensi yang ada. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan berupaya untuk menggambarkan fenomena yang terjadi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Lokasi penelitian di Ponpes Abu Hurairah Mataram, Ponpes As Sunnah Lombok Timur dan Ponpes Imam Bukhari Dompu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang yang terkumpul kemudian dianalisis secara simultan, dengan teknik: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kreadibilitas dan validitas data secara internal dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode, adapun uji validitas eksternal dengan membuat laporan dan uraian yang rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya. Kesimpulan dari Hasil penelitian adalah 1) Karakteristik lembaga pendidikan Salafi di Nusa Tenggara Barat adalah pesantren Khalafi, yaitu membuka tipe-tipe sekolah umum dalam lingkungan pesantren yang dikembangkannya, dengan ciri khas adalah penekanan kepada penanaman nilai-nilai aqîdah yang kuat khususnya dalam penanaman aqidah dan manhaj Salaf. 2) Gambaran sumber konflik antara Salafi dengan masyarakat adalah karena adanya perbedaan dalam pemahaman pengamalan agama. Oleh karenanya, dalam hal konflik yang terjadi antara Salafi dengan masyarakat, maka kedua belah pihak diharapkan memberikan fokus lebih besar kepada aspek fungsi konflik yang ada, yaitu sebagai bagian konstruktif bagi dua belah pihak sehingga terwujudnya tatanan sosial yang lebih baik dalam masyarakat. Karena sejatinya perbedaan antara kedua belah pihak sulit untuk dihilangkan. Adapun resistensi yang terjadi terhadap lembaga pendidikan Salafi adalah resistensi bersifat tertutup. Sehingga dalam hal ini konflik keyakinan serta resistensi masyarakat terhadap Salafi tidak berpengaruh secara kuat terhadap keberadaan lembaga Pendidikan Salafi. 3) Motif-motif yang mendorong orang tua memilih lembaga pendidikan Salafi adalah; dari sisi internal (dari orang tua); pemahaman Salaf (Aqidah dan Manhaj Salaf) yang diajarkan oleh pesantren, Hafalan Al-Qur’an yang ada di pesantren, lingkungan pesantren yang aman. sedangkan dari sisi eksternal (dari lembaga pendidikan Salafi); kurikulum yang dimiliki oleh pesantren, kredibilitas tenaga pengajar dan sistem boarding atau asrama. Kata kunci: lembaga pendidikan Salafi, konflik, resitensi, motivasi dan eksistensi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: lembaga pendidikan Salafi, konflik, resitensi, motivasi dan eksistensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:03
Last Modified: 06 Jun 2022 08:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item