Komalasari, Susi (2017) Pengaruh model pembelajaran advokasi terhadap keterampilan sosial siswa kelas X pada mata pelajaran IPS ekonomi di MA Al Mannan Bagik Nyaka Kecamatan Aikmel Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Susi Komalasari 151116169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Advokasi Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di MA Al Mannan Bagik Nyaka Kec. Aikmel Lotim Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode eksperimen semu yang desainnya berupa nonequivalent control group design. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Mannan Bagik Nyaka Kec. Aikmel Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A sebagai kelas Kontrol dan Kelas B sebagi kelas eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Mannan Bagik Nyaka yang berjumlah 40. Menurut Sugiono apabila populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Sampel ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Analisis data menggunakan rumus uji- t pollend varians. Dari hasil perhitungan t hitung pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 8,419 , kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel 1,685 dengan taraf kesalahan 5% dengan derajat kebebasan(dk/df) n1 + n2 -2 (20 + 20 -2 =38) yaitu sebesar 1,685. Jadi nilai t hitung > t tabel (8,419 > 1,685). Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran Advokasi terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di MA Al Mannan Bagik Nyaka Kecamatan Aikmel Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembejaran advokasi; keterampilan sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Indonesian Peoples Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:31
Last Modified: 27 Sep 2022 07:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item