Damayanti, Baiq Arita (2023) Persepsi siswa tentang penggunaan lagu berbahasa inggris dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris di SMAN 1 Kopang. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Arita Damayanti 190107028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan lagu untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris di SMAN 1 Kopang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh E7 SMAN 1 Kopang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan lagu-lagu berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran. Siswa merespon positif terhadap pernyataan-pernyataan berikut: siswa lebih fokus dalam belajar bahasa Inggris untuk mempelajari kosakata baru, lagu merupakan media pembelajaran yang menyenangkan dan lagu merupakan media yang tepat untuk materi listening, belajar bahasa Inggris dengan menggunakan lagu lebih mudah bagi siswa, keberhasilan belajar dipengaruhi oleh alat pendukung yang tepat. 60% siswa memiliki jenis motivasi intrinsik dan 40% siswa memiliki motivasi ekstrinsik. Semua siswa setuju bahwa penggunaan lagu bahasa inggris sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi intrinsik dan ektrinsik mereka karena pembelajaran yang menyenangkan. INGGRIS This study aims to find out the students' perceptions on the use of songs to increase their motivation in learning English at SMAN 1 Kopang. This study uses a descriptive qualitative method by conducting observations, interviews and documentation. The informants of this study were the tenth grade students E7 of SMAN 1 Kopang. The findings show that the students have a positive perception of using English songs as learning media. Students responded positively to the following statements: students focused more on learning English to learn new vocabulary, songs are a fun learning medium and songs are the right medium for listening material, learning English using song are easier for students, learning success is influenced by appropriate support tools. 60% of students have intrinsic motivation and 40% of students have extrinsic motivation. All students agree that the use of English songs as learning media can increase students' intrinsic or extrinsic motivation because learning becomes more fun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; lagu dalam pembelajaran bahasa inggris; motivasi siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:32
Last Modified: 06 Nov 2023 03:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4994

Actions (login required)

View Item View Item