Harwini, Maulina (2023) Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap pemahaman membaca siswa Kelas Dua Smpn 1 Sakra. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Maulina Harwini 180107147.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading thinking Activity (DTRA) terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMPN 1 Sakra. Metode kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini. Desain penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one group pretest dan postest. Penelitian ini dilakukan pew-test untuk mengidentifikasi skor membaca dasar siswa. Selain itu, peneliti memberikan perlakuan untuk mencapai skor pemahaman membaca yang lebih baik. Terakhir, post-test diberikan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading thinking activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa. Skor pre-test dan post- test dibandingkan apakah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa, dan dihitung dengan menggunakan uji-t. hasilnya, rata-rata nilai pre-test siswa adalah 60,06 dan post-test adalah 80,78 artinya nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre- test. Nilai uji-t sampel berpasangan juga signifikan, dimana signifikasinya 0,000 lebih rendah dari alpha 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa adalah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: membaca; pemahaman membaca; directed reading thinking activity (drta)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200303 English as a Second Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:53
Last Modified: 06 Nov 2023 03:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item