Rohmayanti, Laela (2023) Strategi komunikasi pelaku jasa wisata dalam mempertahankan eksistensi (Studi Pada Pelaku Jasa Wisata Di Pantai Senggigi). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Laela Rohmayanti 180301069.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Dengan semakin terkenalnya sirkuit MotoGP yang terletak di Pantai Kuta yang berimbas pada sepinya kunjungan wisatawan ke daerah Pantai Senggigi. Naik turunnya jumlah kunjungan wisatawan akan berdampak tidak stabilnya pendapatan pelaku jasa wisata yang berada pada lokasi wisata tersebut. Hal ini kemudian menjadi menarik bagaimana strategi komunikasi pelaku jasa wisata di Pantai Senggigi dalam mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pelaku jasa wisata dalam mempertahankan eksistensinya di Pantai Senggigi dan apa saja faktor yang menghambat komunikasi pelaku jasa wisata dalam mempertahankan eksistensinya di Pantai Senggigi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung pelaku jasa wisata di Pantai Senggigi, wawancara para pelaku jasa wisata di Pantai Senggigi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan pelaku jasa wisata di Pantai Senggigi dalam mempertahankan eksistensinya adalah strategi komunikasi interpersonal pada saat penawaran harga jasa dan diawali dengan sapaan khas berupa ajakan. Adapun faktor yang menghambat strategi komunikasi pelaku jasa wisata dalam mempertahankan eksistensinya di Pantai Senggigi adalah produk yang disajikan pelaku jasa kuliner masih menggunakan kemasan berbahan plastik, kurangnya penggunaan spanduk, terjadinya kebisingan pada saat proses pelaksanaan strategi serta tidak adanya bentuk pelaporan tertulis dari strategi yang digunakan, produk cinderamata yang ditawarkan kurang beragam, kurangnya variatif sapaan, kurangnya penyediaan tempat dalam peletakan produk olahraga air, dan kurangnya memperhatikan cuaca dalam proses perencanaan strategi komunikasi atau proses berdagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; pelaku jasa wisata; pantai senggigi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:59
Last Modified: 31 Oct 2023 04:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item