Agustina, Maulida (2017) Pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat kelas VII MTS Al-Ikhlasiyah perampuan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Maulida Agustina 151131074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Metode pengajaran dalam kegiatan pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pengajaran dan sebagai alat perangsang dari luar yang membangkitkan gairah belajar siswa. Seorang guru dituntut untuk menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa agar menarik perhatian, tidak menimbulkan kebosanan dan mudah dipahami oleh siswa Dalam pembelajaran fiqih guru dapat memilih metode demonstrasi untuk menyampaikan materi-materi yang bersifat praktik, karena dalam materi ini siswa harus terampil dalam mempraktikkan materi tentang shalat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunkan data hasil Tes, Observasi, dan Dokumentasi Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t (test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel 6,653 > 2,021 Ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat kelas VII MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fiqih; metode pembelajaran; metode demonstrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifqy Rosi Mulyadi
Date Deposited: 22 Nov 2021 06:47
Last Modified: 22 Nov 2021 06:47
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item