Elinatunnisak, Elinatunnisak (2023) Analisis strategi pengembangan objek wisata goa lawah dalam meningkatkan daya tarik wisata di Desa Lebah Sempage Kecamatan Narmada. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Elinatunnisak 190503048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah tidak lain untuk mengetahui strategi apa yang digunakan dalam meningkatkan daya tarik wisatawan dan potensi apa saja yang ada di wisata Goa Lawah desa Lebah Sempage Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Adapun jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif yang disajikan secara deskriftif. Tehnik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara mengamati mencatat keadaan yang berhubungan dengan subyek dalam penelitian. Wawancara dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada subyek penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan strategi pengembangan wisata Goa Lawah pemerintah desa Lebah Sempage belum maksimal oleh karena itu diperlukan pengelolaan wisata yang lebih baik lagi dari sebelumnya, dengan demikian fasilitas dan aksesbilitas dapat dipergunkan secara efektif. Dan akan sangat berdampak pada minat kunjungan wisatawan yang akan datang ke wisata Goa Lawah. Adapun yang dilakukan dalam pengembangkan potensi objek wisata Goa Lawah dengan memanfaatkan, antara lain: 1. Potensi kebudayaan seperti begawe, Gotong Royong, 2. Potensi alam dapat memanfaatkan hutan, sungai kumbi dan adapun, 3. Potensi wisata buatan dapat memanfaatkan sayur organik, area camping ground dan lain-lai. Adapun yang dilibatkan dalam hal ini adalah Pokdarwis “Sinar Rinjani”, Pemandu wisata,Pemerintah desa, Masyarakat dan kalangan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis strategi pengembangan; meningkatkan daya tarik
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Pariwisata Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:42
Last Modified: 15 Jun 2023 07:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4457

Actions (login required)

View Item View Item