Sanjaya, Barry (2022) Efektivitas penggunaan alat peraga kampanye sebagai media komunikasi politik di era pandemi covid-19 : study kasus di Pilkada Kota Mataram Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Barry Sanjaya 180301130.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan pola pesan komunikasi politik dan efektivitas penggunaan Alat Peraga Kampanye dalam penyampaian pesan komuikasi politik pada Pilkada Kota Mataram Tahun 2020. Penulis mencoba mencari dan menemukan data yang berkaitan dengan isi pesan komunikasi dalam Alat Peraga Kampanye, dengan demikian peneliti dapat mengetahui pola pesan komunikasi politik dan efektivitas penggunaan Alat Peraga Kampanye dalam penyampaian pesan komuikasi politik pada Pilkada Kota Mataram Tahun 2020. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data dan penyajian data , yaitu proses pemilihan atau pemusatan perhatian pada penyederhanan dan deskripsi kumpulan informasi tersusun yang memungkinkan untuk melakukan penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Sedangkan untuk menguji kredibiitas data, peneliti menggunakan pemeriksaan sejawat, perpanjang keikutsertaan dan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan pola pesan komunikasi politik pada Alat Peraga Kampanye di Pilkada Kota Mataram Tahun 2020, menggunakan pola pesan komunikasi praktis dan ideologis yang artinya pola pesan praktis ini lebih kepada mengajak masyarakat untuk memilih Paslon di Pilkada Kota Mataram Tahun 2020, sedangkan pola pesan komuikasi ideologis artinya, pesan yang disampaikan Paslon melalui APK lebih kepada cita-cita atau gagasan-gagasan politik. Evektifitas Alat Peraga Kampanye sebagai media komunikasi politik tergolong efektif, karena di pilkada Kota Mataram pada Tahun 2020 ditengah-tengah pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pesan; komunikasi; politik; alat peraga; kampanye
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:03
Last Modified: 18 Apr 2023 01:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4150

Actions (login required)

View Item View Item