Annisa, Nanda (2022) Strategi komunikasi persuasif radio republik indonesia (RRI) Mataram dalam mempertahankan eksistensi siaran di era digital. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nanda Annisa 180301052_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Radio merupakan salah satu media massa yang masih digemari masyarakat hingga saat ini. Salah satunya Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram yang terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada awalnya Radio Republik Indonesia Mataram masih menggunakan analog, namun memasuki era digital Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram dalam mempertahankan eksistensi siaran , dengan cara melakukan siaran langsung melalui media sosial RRI Mataram. Adapun strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram dalam mempertahankan eksistensi siaran di era digital ini adalah komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif mempengaruhi sikap,pendapat, atau prilaku secara sadar maupun tidak sadar melalui kata-kata dan pesan nonverbal. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi persuasif Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram dalam mempertahankan eksistensi siaran di era digital, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi persuasif Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram dalam mempertahankan eksistensi siaran di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles & Huberman dengan empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram dalam mempertahankan eksistensi siaran di era digital diantaranya: (1) strategi komunikasi persuasif RRI Mataram dalam mempertahankan eksistensi siaran di era digital berdasarkan teori AIDDA, (2) Penggunaan media sosial (3) Digital marketing, dan (4) Penguatan sumber daya manusia. Adapun eksistensi Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram di era digital sebagai berikut : (1) JAdwal siaran RRI Mataram, (2) Program siaran RRI Mataram, (3) Kontribusi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: radio,RRI Mataram; Eksistensi; Era Digital; Komunikasi persuasif
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:15
Last Modified: 14 Apr 2023 07:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item