Jayanti, Ika (2022) Manajemen pelayanan biro perjalanan haji dan umrah sebelum & sesudah covid – 19: studi kasus di PT. Muhsinin Tour & Travel Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ika Jayanti 180305039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan permasalahan yang dirumuskan dan memepermudah pelaksanaan maka dari itu peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dimana bersifat deskriptif yang dilakukan dengan cara mencari data langsung di lapangan. Sumber data yang digunaan dalam penelitian skripsi ini ialah data primer dan data sekunder. Data primer ialah data yang berupa data hasil observasi,atau pengamatan langsung wawancara (interview) yang tidak tersetruktur (wawancara dengan manager operasional bapak Ali Imran dan 8 orang jamaah), dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder ialah data yang diperoleh dari literatur-literatur serta bacaan- bacaan lainnya seperti (arsip, laporan, koran, brouser dan buku-buku) yang terkait dengan penelitian. Adapula Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah study lapangan kepustakaan Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan maka diperoleh suatu kesimpulan bahwa manajemen pelayanan yang diberikan oleh pihak PT. Muhsinin sebelum dan sesudah covid-19 tentu jelas berbeda dari tahun- tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya tidak ada tempat cuci tangan, pembagian masker dan tempat signifikan yang membedakan adalah administasi dan pelayanan kesehatan. Administari pendaftaran offline dan online. Namun, sesudah covid-19 mewajibkan untuk mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, vaksin minimal 2 kali, tes pcr, dan adanya karantina. Adapun faktor pendukung dan penghambat dari PT. Muhsinin Tour and Travel sebelum dan sesudah covid-19. Faktor pendukung sebelum covid ialah adanya landasan hukum yang sudah jelas dari pemerintah, adanya dukungan dari tokoh agama, sdm yang memadai, fasilitas lengkap, letak geografis yang strategsi serta asuransi covid-19, sedangkan faktor pendukuung sesudah covid- 19 ialah adanya hukum dan peraturan yang jelas dari pemerintah, adanya dokter / pihak kesehatan, fasilitas lengkap. Faktor penghambat sebelum covid-19 ialah perbedaan karakter jamaah, persaingan yang ketat, kurangnya pengetahuan. Sedangkan sesudah covid-19 ialah karyawan, harga, adanya vaksinasi dan karantina, serta kuota jamaah yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen; pelayanan; travel; haji; umrah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Manajemen Dakwah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:37
Last Modified: 30 Mar 2023 01:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item