Ipansyah, Ipansyah (2022) Pengaruh pendidikan dan pemahaman agama terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah di Kabupaten Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
IPANSYAH_190502266.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan merupakan suatu proses pendewasaan manusia untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik, pendidikan mengajarkan kepada manusia untuk mengarungi kehidupan di dunia ini dengan cara yang baik dan benar sehingga tidak terjadi permasalahan atau ketimpangan sosial. Pendidikan mendorong manusia untuk berpikir, bertindak dan berprilaku sesuai dengan aturan dan kaidah yang berlaku. Pemahaman Agama ialah keadaan di mana manusia dapat meyakini suatu ajaran agama dan bagaimana ia mengimplementasikan dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah, untuk mengetahui pengaruh pemahaman Agama terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah dan untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan dan pemahaman Agama terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Peneliti menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien korelasi, uji regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi sebagai alat untuk analisis data. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan karena peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melihat situasi dan kondisi yang ada di sana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pendidikan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah, di mana ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang menunjukkan signifikansi. 2) pemahaman Agama berpengaruh secara parsial terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah, di mana ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 yang" "menunjukkan signifikansi. 3) Variabel pendidikan dan pemahaman Agama berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah ditunjukkan dengan signifikansi F change 0,00 < 0,05 yang menunjukkan signifikansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; Pemahaman Agama; Keputusan."
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:57
Last Modified: 28 Mar 2023 06:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item View Item