Aulia Malik, Asriati (2022) Pengaruh minat membaca Al-Qur’an terhadap keaktifan mengikuti instagram @ngajilagi.id di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Asriati Aulia Malik 190101020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIAA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat membaca al-Qur'an followers @ngajilagi.id, tingkat keaktifan pengguna Instagram di akun @ngajilagi.id, dan ada atau tidaknya pengaruh minat membaca al-Qur'an terhadap keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, dengan menggunakan analisis hipotesis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca al- Qur'an di Indonesia berkategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis, bahwa terdapat 4% berada pada kategori sangat rendah, 21% berada pada kategori rendah, 29% berada pada kategori sedang, 36% berada pada kategori tinggi, dan 10% berada pada kategori tinggi. Keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia berkategori sedang (cukup tinggi). Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis bahwa sebanyak 8% berada pada kategori sangat rendah, 21% berada pada kategori rendah, 38% berada pada kategori sedang, 23% berada pada kategori tinggi, dan 10% berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data dalam penelitian yang peneliti lakukan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, minat membaca al-Qur'an berpengaruh terhadap keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia. Pengaruh variabel minat membaca al-Qur'an terhadap keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia adalah sebesar 24,7%."
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan Instagram; membaca Al-Qur'an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 03:57 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 03:57 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3932 |
Actions (login required)
View Item |