Aulia Malik, Asriati (2022) Pengaruh minat membaca Al-Qur’an terhadap keaktifan mengikuti instagram @ngajilagi.id di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Asriati Aulia Malik 190101020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIAA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat membaca al-Qur'an followers @ngajilagi.id, tingkat keaktifan pengguna Instagram di akun @ngajilagi.id, dan ada atau tidaknya pengaruh minat membaca al-Qur'an terhadap keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, dengan menggunakan analisis hipotesis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca al- Qur'an di Indonesia berkategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis, bahwa terdapat 4% berada pada kategori sangat rendah, 21% berada pada kategori rendah, 29% berada pada kategori sedang, 36% berada pada kategori tinggi, dan 10% berada pada kategori tinggi. Keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia berkategori sedang (cukup tinggi). Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis bahwa sebanyak 8% berada pada kategori sangat rendah, 21% berada pada kategori rendah, 38% berada pada kategori sedang, 23% berada pada kategori tinggi, dan 10% berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data dalam penelitian yang peneliti lakukan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, minat membaca al-Qur'an berpengaruh terhadap keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia. Pengaruh variabel minat membaca al-Qur'an terhadap keaktifan mengikuti Instagram @ngajilagi.id di Indonesia adalah sebesar 24,7%."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keaktifan Instagram; membaca Al-Qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:57
Last Modified: 10 Mar 2023 03:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3932

Actions (login required)

View Item View Item