Safitri, Lara (2022) Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an Islamiyah Kodya Asri Jempong Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lara Safitri (180101162).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan skripsi ini untuk mengetahui Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Darul Aulia Al-Islamiyah Kodya Asri Jempong Mataram, serta untuk memperkuat hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti terdahulu mengenai permasalahan yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di TPQ Darul Aulia Al-Islamiyah Kodya Asri Jempong Mataram. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian mengenai Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Darul Aulia Al-Islamiyah Kodya Asri Jempong Mataram Yaitu pembelajaran membaca Al-Qur'an harus ditekankan melalui 7 tahapan yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampialan, evaluasi, dan penutup, kemudian adanya target waktu dan alokasi waktu yang harus dijalankan serta hasil yang dicapai yaitu santri dapat dengan mudah cepat, lancar, tepat dan indah dalam membaca Al-Qur'an. Adapun problematika dalam implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an yaitu Santri yang sering datang terlambat dan guru metode Ummi yang belum tersertifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: implementasi; Metode Ummi; Pembelajaran Membaca Al-Qur'an."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:47
Last Modified: 09 Mar 2023 02:47
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item