Sarita, Rahma (2022) Penanaman nilai karakter disiplin dan religius melalui program imtaq bagi siswa MA Darul Muhajirin. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
RAHMA SARITA 180101129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman karakter disiplin dan religius melalui kegiatan imtaq bagi siswa MA Darul Muhajirin. Tidak dipungkiri arakter bangsa kini semakin menurun, hal tersebut disebabkan adanya arus grobalisasinegatif. Sekolah memiliki peran sangat penting dalam menanamkan karakter pada siswa.Sekolah tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan semata, namun juga harus memberikanpembelajaran berorientasi nilai pada siswa, diantaranya adalah karakter religius dan disiplin.Karakter religius dan disiplin sangat penting untuk membantu siswa menciptakan perilakubaik serta menjaga hubungan intrapersonal siswa. Pendidikan karakter di sekolah bisa melalui kultur atau budaya. Salah satunya adalah MA Darul Muhajirin yang menanamkan karakterreligius dan disiplin pada siswa melalui kegiatan positif yang dibiasakan. Kegiatan tersebutadalah kegiatan program imtaq. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), data display penyajian data), conclusiondrawing (penarikan kesimpulan). Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjangan kehadiran peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) bentuk nilai karakter disiplin siswa di MADarul Muhajirin yaitu: siswa jarang terlambat untuk masuk kelas dan siswa selalu membawa al-qur'an, tertib saat melaksankan kegiatan imtaq (2) bentuk nilai karakter religius siswa di MA Darul Muhajirinyaitu: a) hubungan manusia dengan tuhannya terlihat saat siswa bersemangat dalam melaksanakan kegiatan imtaq serta mereka melaksanakan kegiatan imtaq dengan tenang dan khusyuk, hubungan manusia dengan manusia ditunjukkan melalui siswa bersama-sama berjalan menuju lapangan, bersalaman dengan guru, bertutur kata yang sopan dan mau berbagi buku ijtima'kepada teman yang tidak membawanya untuk dibaca bersama-sama, hubungan dengan manusia dengan lingkungannya ini terlihat ketika siswa menjaga lingkungannya dengan membuang sampah pada tempatnya. (2) Faktor pendukung penanaman karakter disiplin dan religius dalam program imtaq di MA Darul Muhajirin yaitu pertama pengawasan dari guru yang ketat. Kedua tersedianya berbagai fasilitas atau sarana yang mendukung kegiatan imtaq. Sedangkan faktor penghambat penanaman karakter disiplin dalam program imtaq di MADarul Muhajirin yaitu berasal dari siswa itu sendiri yang tidak disiplin seperti terlambat mengikuti imtaq, tidak membawa buku ijtima' dan membawa Al-qur'an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: imtaq, karakter; disiplin; Religius
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Mar 2023 05:31
Last Modified: 06 Mar 2023 05:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item