Febriani, Yasriana (2023) Strategi komunikasi penyiar radio dakwah hamzanwadi dalam meningkatkan minat pendengar. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
YASRIANA FEBRIANI (18030150).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Radio menjadi salah satu media dakwah yang memiliki peran penting di tengahtengah masyarakat, meskipun teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat, radio masih tetap menjadi sebuah media komunikasi yang sangat popular, radio menyertai kita dimana dan kapanpun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komunikasi penyiar Radio dakwah Hamzanwadi dalam meningkatkan minat pendengar dan untuk mengetahui strategi komunikasi penyiar Radio dakwah Hamzanwadi dalam meningkatkan minat pendengar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bentuk komunikasi penyiar radio dakwah yang dilakukan Radio Hamzanwadi yaitu bentuk komunikasi verbal dan non verbal. Bentuk komunikasi verbal yang digunakan oleh Radio Hamzanwadi yaitu melalui komunikasi dengan para pendengar berupa penyampaian pesan atau informasi secara lisan maupun tulisan. Bentuk komunkasi non verbal digunakan oleh Radio Hamzanwadi melalui pemberian gestur tubuh, ekspresi wajah, emosi yang dilakukan oleh penyiar radio. Strategi komunikasi dakwah yang dilakukan Radio Hamzanwadi yaitu strategi komunikasi persuasif, strategi komunikasi informatif dan strategi komunikasi koersif. Strategi komunikasi persuasif digunakan oleh Radio Hamzanwadi dengan menggunakan Bahasa persuasif atau Bahasa yang bersifat ajakan dalam menyiarkan dakwah melalui radio. Strategi komunikasi informatif digunakan oleh Radio Hamzanwadi dengan memberikan informasi yang mengandung fakta dan data terkni. Strategi komunikasi koersif digunakan oleh Radio Hamzanwadi dengan menyampaikan pesan atau informasi yang bersifat memaksa dengan memberikan sanksi-sanksi yang sudah ditetapkan di dalam Al-qur'an dan Hadits

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi; komunikasi; radio; dakwah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160511 Research, Science and Technology Policy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:46
Last Modified: 24 Feb 2023 02:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item