Khosi’ah, Khosi’ah (2017) Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X-IPS SMAN I Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Khosi’ah 151131007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas X-IPS SMAN I Praya Timur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, Interview/wawancara, Dokumentasi, dan observasi. Subyek yang diteliti hanya dibatasi pada kelas X saja yang tergabung dalam delapan kelas dan berjumlah 238 orang siswa yang diambil sebesar 30 sebagai sampel pada taraf kesalahan 5% dengan random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier sederhana Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus product moment didapatkan nilai r hitung = 0,821 dan hasil dari uji signifikansi dengan taraf kesalahan 5 % adalah F hitung (24,261) > F tabbel (4,20) maka H0 ditolak dan Ha Diterima. Kemudian di lanjutkan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan taraf kesalahan 5 % F hitung (0,286) < F tabel (2,42). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas XIPS SMAN I Praya timur kecamatan praya timur kabupaten Lombok tengah tahun pelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; cooperative learning tipe jigsaw, motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rifqy Rosi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 01:42 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 01:42 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |