Wahidiah, Wahidiah (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Wahidiah 180103055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Raudlatusshibyan NW Belencong. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari 20 orang siswa di kelas VIII, 2 subjek visual, 2 subjek auditorial, dan 2 subjek kinestetik. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Data diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode tringulasi. Pemecahan masalah matematika dianlisis berdasarkan empat indikator menurut langkah polya yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3) menyelesaiakan masalah, (4) mengecek kembali. Hasil penelitian ini adalah pemecahan masalah matematika siswa dengan langkah polya ditinjau dari gaya belajar adalah: (1) subjek dengan gaya belajar visual mampu dalam memahami masalah dengan cara membaca soal di dalam hati, melakukan perencanaan pemecahan, mampu melakukan perhitungan dengan hasil yang tepat dan melakukan pengecekan kembali, (2) subjek dengan gaya belajar auditorial juga mampu memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah, serta mampu menyelesaikan soal, dan melakukan pengecekan kembali, (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik juga mampu memahami masalah yang telah diberikan dengan sesekali menggerakkan bolpoinnya, mampu merencanakan strategi penyelesaian masalah, namun tidak dapat menyelesaikan masalah dengan tepat, dan tidak mampu melakukan pengecekan embali terhadap jawaban yang telah dikerjakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah matematis; polya; gaya belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:59
Last Modified: 31 Jan 2023 01:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item