Jannah, Miftahul (2021) Strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan Syariah Gumarang Akbar Syariah Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Miftahul Jannah 170502335-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa perkembangan lembaga keuangan yang setiap tahunnya berkembang dengan pesat. Dari perkembangan tersebut tentunya memiliki persaingan agar setiap lembaga mendapatkan nasabah yang sesuai dengan targetnya. Strategi pemasaran merupakan langkah awal suatu perusahaan dalam memperkenalkan produk pada konsumen. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk mendapat keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan. Dalam pencapaian target tersebut tentunya harus melakukan strategi segmentasi pasar yang tepat agar target sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan skripsi ini membahas mengenai strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di KSPPS Gumarang Akbar Syariah Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tujuanya untuk mendapatkan penjelasan mendalam mengenai strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah nasabah di KSPPS Gumarang Akbar Syariah, dengan pimpinan dan staff sebagai objek penelitian. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dandokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya segmentasi pasar dapat mempermudah KSPPS Gumarang Akbar Syariah dalam melakukan pemasaran serta melayani nasabah yang memiliki beragam karaktristik. Jika mengikuti teori yang dijelaskan kotler tentang segmentasi pasar yaitu mengelompokkan konsumen berdasarkan kriteria tertentu enam dari kriteria yang dijelaskan kotler hanya beberapa variable saja yang menjadi fokus KSSPPS Gumarang Akbar Syariah dalam mensegmentasikan pasar yaitu berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan dan pendidikan, Kedua Koperasi KSPPS Gumarang Akbar Syariah Kota Mataram dalam menigkatkan jumlah nasabah menggunakan metode promosi yang paling dominan. dalam hal meningkatkan jumlah nasabah, jarang sekali koperasi memberikan hadiah kepada nasabah hal itu dikarenakan kurangnya perencanaan koperasi dalam menarik minat nasabah.
Actions (login required)
View Item |