Hijratul Maulida, Veni (2022) Pengaruh model Realistic Mathematics Education dengan bantuan media pohon matematika terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas 3 di MI NW Pringgasela Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Veni Hijratul Maulida 180106193 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan siswa bahwa matematika itu sulit, sehingga hasil belajar sering kali tidak mencapai target yang diharapkan. Salah satu upaya untuk mengatasi kondisi tersebut, yaitu menggunakan model Realistic Mathematics Education dengan bantuan media pohon matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education dengan bantuan media pohon matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 3 di MI NW Pringgasela tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non-randomized control group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan semua siswa kelas 3 MI NW Pringgasela yang berjumlah 59 orang dengan teknik total sampling. Siswa kelas III A yang berjumlah 29 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas III B yang berjumlah 30 dijadikan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Realistic Mathematics Education dengan bantuan media pohon matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t diperoleh nilai sig. <0,050 (sig. = 0,012). Besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh model Realistic Mathematic Eduation dengan bantuan media pohon matematika terhadap hasil belajar matematika siswa adalah 17 %. Dengan demikian Ha yang berbunyi ada pengaruh model Realistics Mathematics Eduation dengan bantuan media pohon matematika terhadap hasil belajar matematika siswa diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model realistic mathematics eduation; media pohon matematika; hasil belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:59
Last Modified: 09 Dec 2022 04:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item