Riwanto, Riwanto (2022) Strategi pengembangan wisata rumah adat senaru di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Riwanto 180503009_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi pengembangan wisata rumah adat senaru di Desa Senaru Kcamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, (2) mengetahui implikasi pengembangan wisata rumah adat senaru terhadap ekonomi di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus untuk memperoleh gambaran serta informasi yang berhubungan dengan wisata rumah adat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumentasi yang berkaitan tentang wisata rumah adat. Data yangdiperoleh ekmudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara dsekriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan wisata rumah adat ruma h adat di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaen Lombok Utara dengan cara mengembangkan fasilitas, atraksi wisata, pelayanan dan juga harga tiket dan makanan tradisional yang ada di wisata rumah adat senaru.Wisata rumah adat di Desa Senaru memiliki konsep bangunan rumah adat yang khas dan memilikipemandangan alam yang indah seperti hamparan sawah memiliki areapegunungan yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagai wisatawan yang berkunjung. Pengembangan sumberdaya manusia perlu dilakukan kepada pelaku pariwisata agar mampu bertahan mengikuti zaman, membuat regulasi yang kuat sehingga mampu membuat desa wisata berkelanjutan dan mengurangi persaingan yang tidak sehat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi; pengembangan; wisata rumah adat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150602 Tourism Forecasting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150605 Tourism Resource Appraisal
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Pariwisata Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:25
Last Modified: 08 Dec 2022 06:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3495

Actions (login required)

View Item View Item