Hasyim, Zulfan (2022) Analisis swot layanan quick response indonesian standard (QRIS) pada PT. Bank NTB Syariah Kantor Pusat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zulfan Hasyim 180502094_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (966kB)

Abstract

INDONESIA Layanan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) adalah layanan aplikasi mobile yang disediakan bank yang dapat digunakan oleh pengguna atau merchant untuk melayani transaksi non tunai secara cepat, mudah dan realtime oleh nasabah maupun non nasabah Bank NTB Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiaman analisis SWOT layanan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) pada PT. Bank NTB Syariah Kantor Pusat Mataram. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diproleh langsung melalui observasi dan wawancara di kantor Bank NTB Syariah Kantor Pusat Mataram dan data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan QRIS Bank NTB Syariah memiliki kekuatan (strength) seperti fitur aplikasi yang lengkap, tanpa biaya administrasi, transaksi yang cepat dan mudah, serta memenuhi semua kebutuhan transaksi. Adapun kelemahan (weakness) meliputi, adanya limit transaksi, pendaftaran hanya bisa dilakukan dikantor, hanya untuk pengguna berdomisili NTB, serta sosialisasi tentang layanan QRIS yang masih kurang. Untuk peluang (opportunity) meliputi, cakupan pemasaran yang cukup luas, pesatnya pertumbuhan UMKM di NTB, perbandingan jumlah usia muda yang lebih banyak dibanding dengan usia tua di NTB, serta adanya dukungan pemerintah. Sedangkan untuk ancamannya (thtreats) meliputi, persaingan, keterbatasan informasi, pola pikir masyarakat yang masih kuno, serta jaringan internet yang masih kurang mendukung. Bank NTB Syariah diharapkan mampu memamfaatkan peluang serta kelebihan yang dimiliki pada produk layanan QRIS Bank NTB Syariah dalam memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis; qris; layanan; aplikasi mobile; swot; bank syariah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:24
Last Modified: 08 Dec 2022 01:24
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item