Hidayatullah, Hidayatullah (2021) Motivasi nasabah memilih produk pembiayaan Mudharabah di Bmt Al-Barokah Kotaraja-Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HIDAYATULLAH 160205018-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA BMT Al-Barokah adalah lembaga keuangan syariah yang berada di Jln Kotaraja-Tetebatu Kec.Sikur Kabupaten Lombok Timur. Adapun produk-produk yang di tawarkan di BMT Al-Barokah ini adalah produk simpanan (penghimpun dana) dan produk pembiayaan (penyalur dana), dalam penyaluran dana kepada masyarakat salah satu bentuk pembiayaan yang diberikan BMT Al-Barokah adalah dalam bentuk pembiayaan mudharabah. Motivasi Nasabah dalam memilih produk pembiayaan mudharabah di BMT Al-Barokah Kotaraja berawal dari keinginan mereka untuk meminjam uang atau melakukan pembiayaan kepada pihak BMT, setelah adanya pihak BMT Al-Barokah yang datang ke kampung kotaraja ini, maka masyarakat kotaraja terutama kaum ibu-ibu mulai berbondong-bondong untuk melakukan pembiayaan produk mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi nasabah memilih produk pembiayaan mudharabah di BMT AlBarokah Kotaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian yang didapatkan di lapangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan skunder dengan sumber data yang digunakan terdiri dari; Manajer, Customer Servis (CS), Nasabah dan Finance dengan tekhnik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dituangkan dalam bentuk deskripsi atau narasi. Hasil dari penelitian ini adalah motivasi nasabah memilih produk pembiayaan mudharabah di BMT Al-Barokah Kotaraja yaitu: 1. Adanya Kebutuhan sosial atau afiliasi (Affiliation or Acceptane). Didalam melakukan pembiayaan mudharabah (kerja sama) yang dimana hasil keuntungan dari penggunaan dana tersebut dibagi bersama berdasarkan nisbah yang disepakati. Pembiayaan mudharabah digunakan oleh BMT Al-Barokah untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan permodalan bagi nasabah guna menjalankan usaha dengan cara melakukan pemyertaan modal bagi usaha yang bersangkutan. 2. Kebutuhan akan rasa aman (Safety Needs). Dalam mengajukan pembiayaan mudharabah di BMT Al-Barokah Kotaraja prosedur permohonan pembiayaannya mudah, dimana nasabah hanya menyiapkan foto copy KTP suami istri yang berlaku, foto copy KK, foto copy surat nikah bagi yang sudah menikah, dan foto copy BPKB yang dijadikan agunan. 3. Pengembangan potensial individu (Advancement), karna nasabah ini mempunyai usaha. Dibalik motivasi nasabah ada tujuan penting yang dilakukan dalam membiayai usaha yang dia miliki. Terkait hal tersebut penting bagi nasabah tersebut mempunyai penambahan modal usaha untuk mengembangkan usahanya ssehingga usaha tersebut bias lebih baik lagi. Usaha tersebut merupakan usaha sembako yang termasuk dalam usaha kecil menengah yang perlu untuk di kembangkan. Usaha sembako slalu dibutuhkan masyarakat dan perhitungan keuntungannya jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi; pembiayaan; mudharabah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Dec 2022 14:49
Last Modified: 06 Dec 2022 14:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item View Item