Rokibah, Siti (2021) Analisis Swot Perbankan Syariah menghadapi perkembangan financial technology (Fintech) (Studi Kasus di PT. Bank BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1). Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Siti Rokibah 170502003 PS_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Financial Technology merupakan layanan jasa keuangan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini dengan layanan yang lebih efektif serta dapat menjangkau berbagai level masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT serta menentukan strategi yang tepat untuk diterapkan PT. Bank BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1 dalam menghadapi perkembangan fintech. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode analisis SWOT. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, seperti hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder. dikumpulkan melalui buku, penelitian terdahulu, dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Bank BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1 memiliki beberapa Strength salah satunya, memiliki pangsa pasar yang luas, Weakness salah satunya, sistem dan layanan yang masih belum sempurna, Opportunity salah satunya, berpotensi meningkatkan pendapatan melalui kerjasama dengan platform fintech, dan Threat salah satunya, fintech hadir menawarkan transaksi sejenis dengan perbankan. Adapun 4 alternatif strategi yang dapat diterapkan, pertama strategi Comparative Advantages 1) Memperluas kerjasama dengan perusahaan berbasis teknologi informasi seperti fintech dan provider, 2) Mengikuti trend. Kedua, strategi Divestment/Investment 1) Melakukan digitalisasi dan otomatisasi, 2) Melakukan kerjasama dengan perusahaan fintech, 3) Melakukan pembinaan SDM. Ketiga, strategi Mobilization 1) Melakukan inovasi sesuai kebutuhan nasabah, 2) Memperkuat sistem keamanan. Keempat, Strategi Damage Control 1) Memaksimalkan upaya perusahaan, 2) Memperkuat sinergi perusahaan, 3) Meningkatkan kualitas perusahaan. Namun, terlepas dari semua hal tersebut, saat ini PT. Bank BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1 belum merasakan dampak yang signifikan dari perkembangan fintech karena perusahaan memiliki strategi dan keunggulan tersendiri dalam bersaing.
Actions (login required)
![]() |
View Item |