Wahyuni, Sri (2022) Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menggunakan produk Bank Syariah (Studi Kasus: BSI KCP Praya). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sri Wahyuni 180502191_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor -faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menggunakan produk bank syariah. Preferensi konsumen juga diartikan sebagai pilihan suka atau tidak suka oleh seseorang terhadap suatu produk, barang atau jasa yang dikonsumsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan hasil penelitian yang di lapangan. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu klasifikasi data, analisis data, dan deskripsi data. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi dan penilaian teman sejawat. Hasil menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen; Pertama faktor kebudayaan yang merupakan faktor penentu paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang; Kedua faktor sosial adalah sekelompok orang yang mampu mempengaruhi perilaku individu dalam melakukan suatu tindakan berdasarkan kebiasaan; Ketiga faktor pribadi merupakan pola kebiasaan seseorang yang dipengaruhi oleh lingkungan terdekat dalam menetukan pilihan, kemudian diekpresikan dalam suatu tindakan; Keempat faktor psikologis yaitu motivasi yang ada pada setiap diri seseorang dalam menentukan suatu pilihan terhadap produk yang ingin digunakan. Persepsi termasuk salah satu sub faktor psikologis yang merupakan unsur mempengaruhi perilaku konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: preferensi; produk; bank syariah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:44
Last Modified: 05 Dec 2022 04:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item