Putri, Fifek Findarsari (2021) Pengaruh faktor emosional dan rasional terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Bni Syariah Cabang Mataram Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
FIFEK FINDASARI PUTRI 170502233-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor emosional dengan indikator ketaatan beragama, psikologis, atribut produk yang islami dan faktor rasional dengan indikator pelayanan, kenyamanan, kepuasaan terhadap keputusan nasabah memilih Bank BNI Syariah KC Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. Pegumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 400 responden dari nasabah PT. Bank Syariah KC Mataram. Untuk menganalisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji validitas, reliabillitas, uji asumsi klasik multikolinieritas, normalitas, linieritas, uji f dan uji t. Hasil uji t dengan taraf kesalahan 5% menunjukkan nilai signifikansi faktor emosional 0,026 faktor rasional 0,000 pada tabel coefficient yang berarti 0,026, 0,000 < 0,05 H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji f nilai sig 0,000 < 0,05 secara simultan variabel emosional dan rasional berpengaruh secara bersamasama terhadap variabel keputusan menjadi nasabah, analisi regresi berganda menunjukan bahwa faktor rasional yang paling berpengaruh dillihat dari nilai unstandardized coefficient β 0,034.
Actions (login required)
![]() |
View Item |