Julianda, Fajrian (2021) Efektivitas pelayanan prima dalam minat menabung (Wadi’ah) nasabah (Mudharib) pada PT. BPRS Tulen Amanah Masbagik Lombok Timur. Diploma thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fajrian julianda 170502186-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Industri saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian negara. Dengan semakin meningkatnya persaingan global, mau tidak mau masing-masing perusahaan harus meningkatkan service quality yang dimiliki.Service quality merupakan kunci dan faktor yang sangat pentig dalam startegi bisnis karena terbukti dapat meningkatkan profitabilitas, sehingga dapat mmenjadi alat untuk keunggulan bersaing dan dapat meningkatkan minat menabung nasabah. Dalam kondisi seperti ini, perbankan sayriah selain mengedepankan profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai nasabah dan mitra kerja, juga harus mengedepankan kepercayaan masyarakat sebagai nasabahnya, PT. BPRS Tulen Amanah sebgai lembaga keuangan syariah dalam memberikan pelayanan kepada nasabah yang menggunakan produk penghimpun dana dilakukan secara prima oleh para karyawannya. Hlm ini akan menimbulkan kepuasan terhadap nasabah. Pemberian pelayanan dan pengelolaan dana dilakukan secara profesional dengan tetap berpedoman pada prinsip syariah juga akan menambah kepercayaan nasabah dalam berinvestasi yang dapat menimbulkan minat menabung nsabah kepaada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunujukan bahwa pelayanan prima yang diterapkan BPRS Tulen Amanah dalam minat menabung nasabah pada produk fundingsudah berusaha mengefektifkan kinerjanya dengan baik, hlm ini dapat dilihat dari upaya-upaya melayani nasabah secara cepat dan tepat, menyambut nasabah dengan ramah dan sopan, berpenampilan sesuai sayriat islam, tidak membeda-bedakan nasabah, mengadakan program jemput bola, dan memberikan hadiah kepada nasabah. Kepuasan inilah yang telah menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas nasabah serta minat menabung terhadap BPRS Tulen Amanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; pelyanan; nasabah; minat menabung
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Dec 2022 14:36
Last Modified: 03 Dec 2022 14:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item