Purwindari, Mira (2022) Bimbingan keagamaan melalui media audiovisual untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mira Purwindari 180303014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait perkembangan bahasa anak tunagrahita di SLBN 2 Mataram yang terbilang masih belum berkembang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Yang bertujuan untuk mengetahui karakeristik perkembangan bahasa anak tunagrahita dan mengetahui implementasi bimbingan keagamaan melalui media audiovisual untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, catatan lapangan kemudian menarik kesimpulan dan untuk mengecek keabsahan data dilakukan proses triangulasi data. Adapun triangulasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Karakteristik perkembangan bahasa anak tunagrahita di SLBN 2 Mataram diklasifikasikan berdasarkan tingkat ketunaan: tunagrahita berat, ringan, sedang. Dari keenam subjek satu anak yang tergolong tunagrahita berat dengan perkembangan bahasa yang masih minim meskipun dibimbingan. 3 anak yang tergolong tunagrahita sedang dengan perkembangaan bahasa yang membutuhkan bimbingan dan 2 anak yang tegolong tunagrahita ringan sudah bisa berkembang tanpa bantuan atau bimbingan. Adapun implementasi bimbingan kegamaan melalui media audiovisual untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak tunagrahita di SLBN 2 Mataram dilaksanakan dengan tiga tahapan, yakni: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Sehingga hasil bimbingan keagamaan melalui media audiovisual mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak tunagrahita di SLBN 2 Mataram. Adapun peningkatannya yaitu 5 dari 6 anak sudah memiliki peningkatan terkait dengan kemampuan berbahasa represif visual, ekspresif visual (membaca dan menulis), reseptif (memahami) dan ekspresif(mengungkapkan), dan mengerti intruksi. Sehinggga satu diantara 6 anak mmasih belum berkembang sama sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; media audiovisual; perkembangan bahasa tunagrahita
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:06
Last Modified: 30 Nov 2022 06:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item