Hermawan, Heru (2022) Strategi komunikasi dosen KPI UIN Mataram dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Heru Hermawan_180301106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pembelajaran daring ini menjadi metode alternatif lain selain perkuliahan biasa (tatap muka) atau gaya belajar yang baru bagi dosen maupun mahasiswa/I prodi KPI dalam proses belajar mengajar. Peneliti melihat banyak manfaat dari perkuliahan daring ini dilakukan salah satunya pengetahuan akan teknologi dosen maupun mahasiswa yang semakin bertambah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi Dosen Prodi KPI UIN Mataram dalam penyampaian materi kuliah di tengah pandemi covid 19, (2) Untuk mengetahui bagaimana peluang dan tantangan strategi pembelajaran daring. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan penelitian dilakukan dengan Pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatu individu, lembaga, atau gejala tertentu dengan daerah atau subjek yang sempit. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahapan, yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) strategi komunikasi dosen KPI UIN Mataram dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19, terbagi menjadi 3 yaitu: pertama teknik edukatif, kedua teknik informatif, ketiga Teknik canalizing. (2) Peluang pembelajaran daring yaitu keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran daring, pengetahuan teknologi semakin bertambah dan materi yang bisa diakses kembali dan kapan saja. Sedangkan untuk tantangannya adalah hambatan secara fisik, hambatan semantik dan hambatan dalam proses penyampaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; pembelajaran daring; covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:15
Last Modified: 24 Nov 2022 05:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item