Sari Fanny, Noer (2022) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas V di MI NW Nurul Haramain Narmada Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Noer Sari Fanny 180106172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V Di MI NW Nurul Haramain Narmada, 2) kendala yang terdapat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V Di MI NW Nurul Haramain Narmada 3) Upaya Guru Dalam Mengatasi kendala dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa kelas V Di MI NW Nurul Haramain Narmada. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Tehnik penelitian dengan cara mengumpulkan data menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Sumber data penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, dewan guru dan para siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V Di MI NW Nurul Haramain Narmada. Yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti di MI NW Nurul Haramain tersebut adalah, rasa ingin tahu bagaimana upaya atau usaha guru MI NW Nurul Haramain dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, karena lulusan dari MI tersebut yang peneliti tahu, sudah bagus dalam membaca Al-Qur’an sebelum masuk kejenjang Madrasah Tsanawiyah, sehingga itulah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti di MI tersebut, khusnya di kelas V. Setelah peneliti melakukan wawancara kepada beberapa guru, khususnya guru khalaqoh ngaji, menyatakan bahwa Upaya yang dilakukan guru yaitu pertama membagi kelompok, sesuai dengan kemampuan siswa tersebut, maksudnya disini sesuai kemampuan siswa yaitu ada yang sudah mencapai level 5,6,7 dan yang sudah mencapai level 8, yang menempati level 8 ini adalah siswa yang sudah fasih dalam membaca Al-Qur’an dari segi tajwid dan murottalnya 2) Adapun kendala guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu, siswa yang masih pulang pergi, maksudnya siswa yang tidak mondok, karena MI tersebut memprogramkan santri atau siswa MI harus mondok mulai dari kelas III MI, namun yang terdapat saat ini hanya beberapa siswa kelas V yang tidak mondok itu yang menjadi kendala guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an tersebut, karena Di MI tersebut memprogramkan khalaqoh ngaji itu tiga kali pertemuan dalam sehari yaitu setelah subuh, setelah Ashar dan setelah maghrib, sedangkan siswa yang pulang pergi hanya mengikuti khalaqoh ngaji itu pada waktu sore hari saja 3) Upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan memantapkan siswa ketika khalaqoh ngaji pada sore harinya bagi siswa yang pulang pergi atau mewajibkan siswa untuk mondok ketika memasuki kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru; kemampuan; membaca al-qur’an siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:22
Last Modified: 22 Nov 2022 03:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item