Rahayu Safitri, Erma (2022) Upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPA berbasis kecakapan Abad-21 di Kelas VI MI Darul Ulum Ngorok Kopang Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Erma Safitri Rahayu 180106127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga menjadikan beberapa siswa sulit untuk menerima pelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPA berbasis kecakapan abad-21 di kelas VI MI Darul Ulum Ngorok Kopang tahun pelajaran 2021-2022. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPA berbaisis kecakapan abad-21 di kelas VI MI Darul Ulum yaitu dengan upaya menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, kemudian melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun dan melakukan penilaian hasil pembelajaran atau melakukan evaluasi, 2) tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPA berbasis kecakapan abad-21 adalah siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran, sulit untuk diatur terutama pada siswa laki-laki, lebih banyak bermain sehingga mengakibatkan mereka kurang aktif dalam belajar, sering berkelahi terutama sering terjadi pada siswa laki-laki, ribut didalam kelas jika gurunya belum masuk di kelas atau jika gurunya sedang tidak ada di kelas, lambat dalam memahami materi pembelajaran dan masih sering keluar masuk kelas jika ada pelajaran kosong atau ketika gurunya berhalangan untuk tidak masuk mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru; mutu pembelajaran; pelajaran IPA; kecakapan abad-21
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:57
Last Modified: 21 Nov 2022 03:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item