Hidayati, Rahmatullah (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran berbasis Edutainment pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V MIN 3 Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rahmatullah Hidayati 180106199.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih terdapat nilai di bawah KKM yakni ≤ 70 dan kondisi kelas saat kegiatan belajar mengajar siswa masih tergolong pasif sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran berbasis edutainment pada mata pelajaran IPS di kelas V MIN 3 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran edutainment, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. dan untuk hasil belajar siswa menggunakan lembar tes hasil belajar yaitu berupa tes tulis pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran edutainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69,48 dengan ketuntasan klasikal 68,96% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,55%. Jadi disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II 25% meningkat. dan telah tercapai ketuntasan belajar lebih dari 85% pada akhir siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa; metode edutainment; ilmu pengetahuan sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:03
Last Modified: 21 Nov 2022 02:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item