Humaidi, Ahmad Supian (2022) Aktualisasi nilai-nilai al-ihsan dalam normativitas Al-Qur’an pada pendidikan islam di pondok pesantren Darul Falah Pagutan Mataram. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Supian Humaidi 200401014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Al-Quran merupakan salah satu pedoman utama bagi umat Islam dalam rangka menuntun manusia menuju kehidupan yang baik di dunia maupun di akhirat. Di dalam Al-Qur’an terkandung aturan, konsep, keterangan, kaidah-kaidah dan dasar ajaran yang bersifat kompleks dan menyeluruh baik secara eksplisit maupun implisit. Salah satu aspek yang dibicarakan al-Qur’an adalah tentang ihsan. Karena sikap dan perbuatan manusia di dalam kehidupan berkaitan dengan ihsan, dan juga Allah SWT memerintahkan manusia agar berbuat ihsan. Rumusan masalah pada tesis ini yaitu mengenai bagaimana aktualisasi nilai-nilai Al-Ihsan dalam nomativitas Al-Qur’an pada pendidikan Islam dan apa saja faktor penghambat dalam aktualisasi nilai-nilai al-Ihsan pada pendidikan Islam di Pondok Pesantren Darul Falah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji aktualisasi nilai-nilai Al-Ihsan dalam nomativitas Al-Qur’an dan untuk mengetahui dan mendalami faktor pendukung dan penghambat dalam aktualisasi nilai-nilai al-Ihsan pada Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Darul Falah. Tesis ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, FGD, dan studi dokumentasi. Adapun lokasi penelitian yang dipilih penulis yaitu bertempat di Pondok Pesantren Darul Falah. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk aktualisasi Nilai-nilai Al-Ihsan Pada Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Mataram tergambar pada dua aspek yaitu Ihsan dalam Ibadah dan Ihsan dalam pergaulan social atau muamalah. Pengkuatan aktualisasi ihsan dalam ibadah dilakukan melalui pembiasaan dalam melakukan ibadah dengan harapan santri-santri yang sudah terbiasa melakukan rutinitas ibadah tersebut akan membentuk nilai-nilai ihsan dalam pribadi santri dan dalam hal muamalah, ada dua bentuk aktualisasi Ihsan dalam pergaulan social yang dipraktikkan di Pondok Pesantren Darul Falah yaitu melakukan muamalah yang baik terhadap guru dan teman sejawat berupa tuturkata yang sopan, dan akhlak yang terpuji.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi; al-ihsan; pendidikan islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Nov 2022 00:34
Last Modified: 04 Nov 2022 00:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item