Septiani, Yunita (2022) Problematika Relasi Orang Tua Dan Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Bidang Studi Fiqih Di Mts Negeri 2 Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yuliatin Ismi 180101149_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan skripsi ini untuk mengetahui bentuk, problematika, serta solusi dari relasi orang tua dan guru dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII bidang studi fiqih di MTs Negeri 2 Lombok Barat. Serta untuk memperkuat hasil penelitian yang sudah dilakaukan oleh peneliti terdahulu mengenai permasalahan yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di MTs Negeri 2 Lombok Barat. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Untuk teknik keabsahan data menggunakan perpanjanagn wakttu penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu bentuk dari relasi orang tua dan guru dalam peningkatan prestasi belajar siswa yaitu dengan ,menjalin kerja sama berupa: 1) rapat wali murid; 2) penilaian raport; 3) kunjunang guru ke rumah orang tua; 4) kunjungan orang tua siswa ke sekolah; 5) pembagian dana BSM. Adapun problematika relasi orang tua dan guru dalam peningkatan prestasi belajar siswa yaitu: keterbelakangan pendidikan orang tua, ekonomi orang tua siswa, dan pekerjaan orang tua siswa. Serta solusi yang diberikan berupa pemberian dana BSM, Kunjungan guru kerumah orang tua siswa, dan memberikan bimbingan secara kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: relasi; orang tua; guru; prestasi belajar; problematika orang tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:12
Last Modified: 01 Nov 2022 01:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item