Firoza, Hafiga (2022) Upaya guru PAI dalam penguatan karakter religius pada siswa Sman 1 Masbagik pasca pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Hafiga Firoza_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (868kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan karakter religius siswa yang mengalami penurunan pasca pandemi Covid-19 dikarenakan sistem pembelajaran tidak dilakukan dengan tatap muka. Dalam hal ini pembelajaran tersebut yang dapat mempengaruhi karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru PAI dalam penguatan karakter religius pada siswa SMAN 1 Masbagik pasca pandemi Covid-19, upaya guru PAI dalam penguatan karakter religius pada siswa SMAN 1 Masbagik pasca pandemic 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriftip. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya problematika yang dihadapi guru PAI dalam penguatan karakter religius pada siswa SMAN 1 Masbagik pasca pandemi Covid-19 yaitu sikap siswa yang beragam, pengaruh kecanggihan IT, kurangnya kesadaran siswa,dan terbatasnya waktu pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan guru PAI dalam penguatan karakter religius pada siswa SMAN 1 Masbagik pasca pandemi Covid-19 dengan menerapkan pembiasaan, reward, hukuman, dan keteladanan dalam hal ini, pembiasaan seperti 3 S (senyum, salam, sapa), setiap harinya membaca Al-Qur’an dan sholat dhuha, khususnya pada hari jum’at juga dilalukan pidato 4 bahasa (Sasak, Indonesia, Inggris dan Arab) yang kedua, reward berupa apresiasi jika hafal 1 juz maka bebas SPP satu bulan, begitu seterusrnya, ketiga hukuman bagi siswa yang terlambat masuk sekolah, hukumannya seperti membaca ayat–ayat pendek yang keempat, keteldanan. Tujuan dari dilakukannya pembiasaan, reward, hukuman dan keteladanan ialah untuk menguatkan karakter religius siswa yang mengalami kemunduran karena terjadinya pandemi, agar siswa tidak tertinggal lebih jauh lagi mengenai karakter religius mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | upaya; penguatan; karakter religius; guru pai |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 05:26 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 05:26 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3072 |
Actions (login required)
View Item |