Julita, Julita (2022) Efektivitas penggunaan media geogebra ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa pada Materi Dimensi 3. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Julita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media GeoGebra ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa pada materi dimensi 3. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah tipe nonequivalent control group design. Penelitian ini bertempat di SMA Islam Abhariyah Lombok Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA. Adapun sampel peneliti mengambil semua peserta didik kelas X SMA dengan jumlah 30 orang siswa yang dimana 15 orang siswa dijadikan kelas eksperimen dan 15 orang siswa kelas kontrol. Instrument yang digunanakan dalam penelitian ini adalah tes. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t sampel bebas (independent samples t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media GeoGebra dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematis (efektif). Dengan hasil perhitungan yang diperoleh adalah sebagai berikut: rata-rata Post-Test kelas eskperimen dan kontrol yaitu 13,6 dan 12,4. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Post-Test eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen adalah 72,7944 atau 73% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan nilai N-Gain Score minimum 58,14% dan maximum 88%. Dan dapat disimpulkan bahwa hal ini berarti efektifnya penggunaan media GeoGebra ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa pada materi dimensi 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; pemahaman konsep; matematis; media geogebra; penggunaan media; materi dimensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:14
Last Modified: 25 Oct 2022 01:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3062

Actions (login required)

View Item View Item