Sukmawati, Lina (2022) Pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing berbantu media gambar terhadap kemampuan kerjasama dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas VII MTs Assa’adah Labuapi. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Lina Sukmawati 180104020_Compressed.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing berbantu media gambar terhadap kemampuan kerjasama dan keterampilan komunikasi siswa kelas VII MTs Assa’adah Labuapi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Assa’adah Labuapi yang terdiri dari kelas kontrol (VII A) dan kelas eksperimen (VII B). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Random Sampling pengambilan secara acak). Data yang dikumpulakan dari instrumen penelitian yaitu data mengenai hasil belajar siswa (pretest dan posttest), angket dan lembar observasi serta hasil wawancara. Selanjutnya dari data yang sudah terkumpul akan di analisis menggunakan program SPSS seri 24 dengan menggunakan uji anava satu jalur (One Way Anova) untuk uji deskriptif, persentase dan deskripsi. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis untuk kemampuan kerjasama siswa yaitu sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 dan hasil uji hipotesis untuk keterampilan berkomunikasi siswa yaitu sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantu media gambar terhadap kemampuan kerjasama dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas VII MTs Assa’adah Labuapi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | active Knowledge sharing; media gambar; keampuan kerjasama; keterampilan berkomunikasi; strategi pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 01:47 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 01:47 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2964 |
Actions (login required)
View Item |