Watoni, Khaerul (2022) Pembelajaran training inquiry terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada Materi suhu dan kalor Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Khaerul Watoni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran training inquiry terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor Tahun Pelajaran 2021/2022 di MA Darunnadwah Al Yamini Lajut. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Darunnadwah Al Yamini Lajut.Sampel yang digunakan pada penelitan ini adalah diambil dari kelas IPA 1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas IPA 2 (sebagai kelas kontrol).Penentuan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik purposefully sampling (pengambil sampel secara sengaja, tidak secara acak). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 52 dan kelas kontrol sebesar 47,5.Hasil tes akhir diperoleh nilai rata- rata kelas eksperimen sebesar 91 dan kelas kontrol sebesar 72. Data tes akhir siswa dianalisis menggunakan Uji-T. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji-T diperoleh sebesar dan tabel pada df=38 dan taraf kesukaran 5%. Karena lebih besar dari maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan pembelajaran training inquiry pada siswa kelas XI IPA 1 MA Darunnadwah Al Yamini Lajut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: training Inquiry; pemahaman konsep; materi suhu; kalor
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040102 Atmospheric Dynamics
04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040103 Atmospheric Radiation
04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040104 Climate Change Processes
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:08
Last Modified: 28 Sep 2022 06:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item