Apsari, Diah Maya (2022) Analisis semiotika komunikasi pada motto Kota Mataram maju, religius dan berbudaya. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Diah Maya Apsari- 180405004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Kota Mataram memiliki motto yaitu Kota Mataram Maju, Religius dan Berbudaya. (Penjelasan tentang makna Motto/visi misi satu persatu, indikator motto satu persatu). Motto ini menjadi spirit, jiwa, dan ruh Pemerintah Kota Mataram dan masyarakat Kota Mataram dalam menjalankan aktivitas dan kehidupan di Kota Mataram. Hasil dari penelitian ini Semiotika komunikasi yang terkandung dalam motto kota mataram maju, religius dan berbudaya tidaklah hanya slogan semata namun memiliki makna harapan dan cita-cita yang selalu di ikhtiarkan pemerintah kota mataram selaku pemegang kebijakan tertinggi di kota mataram. Untuk membangun kota mataram yang maju dalam segala aspek. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Bogdan dan Taylor dalam Moleong (2007: 4) mendefinisikan metodologi penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan Kirk dan Miller masih dalam Moleong (2007) mendefinisikan penelitian kualitatif sebagai tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada manusia baik dalam kawasannya maupun dalam peristilahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa semiotika komunikasi yang terkandung dalam Motto “Kota Mataram Maju, Religius dan Berbudaya”. Perbedaan penelitian sebelumnya dengan yang akan peneliti lakukan adalah bahwa penelitian sebelumnya meneliti tentang “analisis semiotika komunikasi pada kalimat lain sedangkan penelitian ini meneliti tentang makna semiotika pada motto kota mataram yakni “Kota Mataram Maju, Religius, dan Berbudaya”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: semiotika; mataram; maju; religius; berbudaya
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200212 Screen and Media Culture
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:59
Last Modified: 26 Aug 2022 07:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item