Dinisti, Yusrifan (2021) Pembelajaran qowaid nahwu dengan menggunakan kitab Al-Jam’i di kelas Ma’mal di Ma’had As-Sa’idiyah Penjalin Lombok Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yusrifan Dinisti 1501020279.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan Pembelajaran Qowaid Nahwu dengan menggunakan kitab Al-jam’i di Kelas ma’mal di Ma’had Assa’idiyah penjalin Lombok utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai metode yang digunakan guru dalam pembelajaran qowaid nahwu, dan mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran qowaid nahwu di kelas ma’mal di Ma’had “Assa’idiyah” Penjalin, Lombok Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data tentang Pembelajaran Qowaid Nahwu dengan menggunakan kitab Al-jam’i di Kelas Ma’mal di Ma’had As-sa’idiyah Penjalin Lombok Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari guru Bahasa Arab dan siswa dikelas Ma’mal. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran qowaid nahwu di Ma’had Assa’idiyah dengan menggunakan kitab al-jam’i, guru menggunakan metode sorogan dalam pembelajarannya. Dimana metode ini dianggap efektif diterapkan dikelas ma’mal, dan menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan pembelajaran Qowaid nahwu supaya siswa bisa memahami bahasa arab secara menyeluruh, menggali hukum-hukum yang ada dalam Al-qur’an dan hadist,dan mampu berbicara bahasa arab dengan fashih sesuai dengan kaidahnya. Problematika siswa dalam belajar qowaid nahwu, mereka sering lupa materi yang telah diajarkan, dan tidak begitu paham pada materi tertentu yang mereka anggap sulit. Dan kurangnya waktu morojaah mereka untuk mengulangi pelajaran yang sudah dijelaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; qowaid nahwu; kitab al jami'
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:15
Last Modified: 24 Aug 2022 03:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item