Muhlis, Muhammad (2021) Peran pimpinan pondok dalam pengelolaan lingkungan berbahasa arab di pondok pesantren Al-Kautsar Al Gontory Kampus 2 Di Lilir, Gunungsari Tahun Ajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Muhlis 1501020244.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui peran pimpinan pondok dalam pengadaan atau pengelolaan lingkungan berbahasa Arab di Pondok Cabang dipimpin bukan langsung oleh pimpinan melainkan pengelola, karena peneliti melihat bahwa penerapan lingkungan berbahasa Arab yang tersebut merupakan media mengajaran bahasa yang sangat penting untuk diterapkan di pondok pesantren cabang. Dari pengamatan peneliti juga bahwa Mudir atau pimpinan pondok lebih dominan meluangkan waktu untuk pondok pusat daripada di pondok cabang dikarenakan beliau tinggal dan mengawasi langsung di pondok pertama, oleh karena itu pimpinan menyerahkan pengawasan pondok cabang kepada seorang riayah atau musyrif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pengelolaan lingkungan berbahasa arab di pondok pesantren Al Kautsar Al Gontory Kampus_2. (2) peran pimpinan pondok dalam pengelolaan lingkungan berbahasa Arab di pondok pesantren Al Kautsar Al Gontory kampus 2. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan lingkungan berbahasa Arab yang ada di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Gontory Kampus 2 cukup memadai dan tidak jauh berbeda dengan keadaan yang ada di pondok pusat, walaupun tidak diatur/dipimpin langsung oleh pimpinan pondok atau seorang Mudir Ma’had. Disebabkan beberapa hal yang memaksa pengasuhan pondok diamanahkan kepada seorang pengasuh atau Musyrif. Namun demikian, Mudir Ma’had tetap berperan penting dalam mengembangkan lingkungan berbahasa Arab yang ada di pondok cabang ke-2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pimpinan pondok; metode belajar; pengelolaan lingkungan; psikologi pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:19
Last Modified: 22 Aug 2022 04:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item View Item