Rijalulloh, Ahmad (2021) Penerapan metode qawaid & tarjamah untuk meningkatkan keterampilan membaca pada para siswa di pondok khusus Darul Qur’an dan Hadist Yayasan Pendidikan Al-Halimy Sesela Gunungsari Lobar Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Rijalulloh 180102021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti dalam mengetahui penerapan metode qawaid & tarjamah untuk meningkatkan keterampilan membaca, karena peneliti melihat mata pelajaran yang diutamakan adalah menghafal al qur’an & hadist. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Apakah metode qawaid & tarjamah masih diterapkan di pondok khusus Darul Qur’an & Hadist, walaupun yang diutamakan adalah menghafal al-qur’an & hadist. (2) Apa problema-problema dalam penerapan metode qawaid & tarjamah untuk meningkatkan keterampilan membaca pada para siswa pondok khusus darul Qur’an & Hadist Yayasan Pendidikan Al-Halimy Sesela Gunungsari Lombok Barat. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data-data seperti, sejarah berdirinya pondok khusus darul qur’an dan hadist sesela gunungsari, jumlah siswa, keadaan guru, serta kelengkapan sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil analisis data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi mengenai penerapan metode qawaid dan tarjamah untuk meningkatkan keterampilan membaca pada para siswa pondok khusus darul qur’an dan hadist sesela gunungsari. Maka peneliti disini melihat, bahwa hal yang lebih berperan dalam peningkatan keterampilan membaca adalah metode qawaid dan tarjamah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode qawaid; metode tarjamah; keterampilan membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:03
Last Modified: 15 Aug 2022 02:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item