Horianti, Horianti (2021) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media poster 3D untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII di MTs Al-Mahmud Aik Ampat Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Horianti 170108020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media poster 3D untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Mahmud Aik Ampat pada tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiment. Penelitian ini mengambil sampel dengan jumlah 24 siswa pada kelas eksperiment dan 25 siswa pada kelas kontrol. Teknis analisis menggunakan rumus uji t dengan jenis test pooled varians. Berdasarkan data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperiment yankni 71,333 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 54,520. Melalaui uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test pooled varians , diperoleh thitung sebesar 3,904 dan t tabel 2,679. Diperoleh thitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% dengan dk 30 yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media poster 3D terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di MTs A-Mahmud Aik Ampat tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran discovery learning; media belajar; media poster
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:40
Last Modified: 25 Jul 2022 05:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2706

Actions (login required)

View Item View Item