Muniro, Lili (2021) Sinergi dan strategi pemasaran produk pembiayaan KPR bersubsidi: studi kasus di BTN kantor cabang syariah Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lili Muniro 170502230.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian tentang sinergi dan strategi pemasaran produk pembiayaan KPR bersubsidi (Studi Kasus di BTN Kantor Cabang Syariah Mataram) karena adanya berbagai macam bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Bank BTN KCS Mataram dengan beberapa pihak dalam pemasaran produk pembiayaan KPR Bersubsidi, secara teori bahwa KPR bersubsidi ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat berpenghasilan rendah yang bekerja sama dengan kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk sinergi dan strategi pemasaran produk pembiayaan KPR bersubsidi serta implikasi dari sinergi dan strategi pemasaran produk pembiayaan KPR bersubsidi terhadap berbagai pihak yang melakukan kerjasama dengan Bank BTN KCS Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu penelitiaan kualitatif deskriptif. Artinya data yg diperoleh bukan dari angka-angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa dalam melakukan strategi pemasaran, Bank BTN KCS Mataram memiliki berbagai macam bentuk-bentuk sinergi yaitu Bank bersinergi dengan developer dan Bank bersinergi dengan notaris. Dalam memasarkan produk pembiayaan KPR bersubsidi Bank BTN KCS mataram menggunakan strategi marketing mix (bauran pemasaran), yang terdiri dari 4P, yaitu strategi produk (product), strategi penentuan harga (price), strategi penentuan lokasi (place), dan strategi promosi (promotion). Adapun untuk implikasinya baik dari pihak Bank, developer dan notaris, ketiga belah pihak sama-sama merasakan dampak yang baik dalam proses kerjasamanya. Dimana ketiga belah pihak sudah memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing dalam menjalankan produk pembiayaan KPR bersubsidi, serta dari kerjasama ini mereka tentunya memiliki kepentingan tersendiri dalam segi keuntungan dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemasaran; produk; pembiayaan; sinergi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:53
Last Modified: 28 Jun 2022 02:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item View Item