Zuhriyati, Latifah (2021) Strategi pemasaran produk deposito mudharabah PT. Bank Muamalat Indonesia kantor cabang Mataram dalam upaya meningkatkan minat nasabah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Latifah Zuhriyati 170502062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Isu tentang produk deposito mudharabah yang paling banyak diminati pada saat ini dikarenakan imbal hasil yang diberikan bank sangatlah menguntungkan nasabah. Semakin berkembangnya suatu lembaga keuangan dalam memberikan performa yang baik maka akan berdampak pada bertambahnya suatu nasabah dan status terbaik suatu lembaga keuangan tersebut. Suatu usaha memerlukan perencanaan, oleh karena itu, suatu perusahaan harus menyusun strategi yang mampu membuat suatu perencanaan yang telah ditetapkan tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kelemahan maupun ancaman dari strategi yang dibentuk adalah kendala dari suatu perusahaan untuk berkembang. Dari kendala yang akan dihadapi, perusahaan harus menyiapkan solusi sebelum bertindak, agar suatu stretegi yang telah tersusun dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan untuk masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk deposito mudharabah PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Mataram dalam upaya meningkatkan minat nasabah, dan untuk mengetahui bagaimana PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Mataram menghadapi kendala strategi pemasaran produk deposito mudharabah dalam upaya meningkatkan minat nasabah. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian deskriptif, pendekatan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan metode wawancara, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (langsung) yaiu hasil wawancara, sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah induktif dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Mataram dalam upaya meningkatkan minat nasabahnya adalah dua strategi pemasaran yaitu human customer centric (mendengarkan keinginan dari nasabah) dan bauran pemasaran atau mix marketing, yaitu strategi product, strategi price, strategi place, strategi promotion. Strategi PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Mataram untuk menghadapi kendala pemasaran produk deposito mudharabah dalam meningkatkan minat nasabahnya adalah strategi bad bank and capital, strategi good bank, dan strategi new bank. Dari strategi yang digunakan berdampak pada meningkatnya minat dari nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemasaran; produk; deposito; mudharabah; nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:37
Last Modified: 28 Jun 2022 02:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item